Selasa, 09 Februari 2010

PRINSIP KEBERSIHAN DAN KESEHATAN DALAM ISLAM



Pada dasarnya Islam adalah agama fitrah dan suka kebersihan. Sehingga wajarlah bila Islam mengajarkan segala sesuatu tentang kebersihan. Mulai dari cara berwudlu, hingga masalah cukur-mencukur dan potong-memotong rambut atau bulu.

Ada sebuah hadist yang sangat terkenal ditengah kita tentang masalah satu ini. Semoga Anda sudah tahu dan mungkin sudah hafal. Hadist itu adalah;

Dari Abi Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda ; "Fithrah itu ada 5 macam : Khitan, Istihdad (mencukur bulu kemaluan), mencukur kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak."

Dari hadist ini kita mengetahui bahwa bulu kemaluan itu memang harus dicukur sebagai bentuk nyata dari prinsip kebersihan dan kesehatan dalam Islam. Selain itu, juga disunnahkan untuk mencabut bulu ketiak dan juga kumis dan memotong kuku serta berkhitan.
“Kami diberi batas waktu untuk menggunting kumis, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur bulu kemaluan, yaitu tidak membiarkannya lebih dari empat puluh hari.”
(H.R Muslim, Ibnu Majah, Ahmad, At-Tirmidzi , An-Nasa'i dan Abu Dawud)


Untuk bulu mata/alis dalam islam tidak boleh sesuai dengan hadist : "Allah melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alis dan perempuan-perempuan yang minta dicukur alisnya"

Dari milis tetangga IR

1 komentar:

  1. subahanallah,apa yang ane lakukan sudah benar tidak m'yabut alis or m'cukurny.... N tiap s'minggu x menggunting kuku & m'cabut bulu ketiak,and last s'bulan x m'cukur bulu k'maluan,ane lakukan... Yuk mulai sekarang qta jalankan perintah Rasulullah SAW.
    islam = rahmatan lil alamin, jadi kalo tidak rahmatan lil alamin = tidak islam

    BalasHapus